Sabtu, 11 April 2015

Perpustakaan Sebagai Media Pembelajaran


BAB I
PENDAHULUAN

A.            Latar Belakang
Perpustakaan merupakan sistem informasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pengumpulan, pengolahan, pengawetan, pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi. Perpustakaan sebagaimana yang ada dan berkembang sekarang telah dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa, serta memberikan berbagai layanan jasa lainnya.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa perpustakaan merupakan tempat tumpukan buku tanpa mengetahui pasti ciri dan fungsi perpustakaan. Ada beberapa ciri yang perlu diketahui oleh masyarakat diantaranya adalah tersedianya koleksi, sarana prasarana, pustakawan dan pengunjung serta adanya suatu unit kerja. Oleh karena itu, faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi tingkat perkembangan perpustakaan, berdasarkan jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan tersebut.

B.             Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka pada tulisan ini kami merumuskan beberapa masalah sebagai berikut:
·             Sebutkan dan jelaskan jenis - jenis perpustakaan yang ada di indonesia?
·             Bagaimana peran perpustakaan sebagai media pembelajaran?
·             Apa saja kelebihan dan kekurangan perpustakaan digital dengan tradisional?
·             Apa manfaat perpustakaan bagi peserta didik?

C.      Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan ini adalah sebagai berikut:
·         Mengetahui  jenis - jenis perpustakaan yang ada di indonesia
·         Mengetahui peran perpustakaan sebagai media pembelajaran
·         Mengetahui kelebihan dan kekurangan perpustakaan digital dengan tradisional
·         Mengetahui manfaat perpustakaan bagi peserta didik



BAB II
PEMBAHASAN

            Perpustakaan adalah suatu organisasi yang bertugas mengumpulkan informasi, mengolah, menyajikan dan melayani kebutuhan informasi bagi pemakai perpustakaan. Perpustakaan mempunyai tugas utama yaitu mengelola informasi yang di butuhkan pemakai.

A.      Jenis - Jenis Perpustakaan
IFLA (Internasional Federation of Library Association) mengelompokkan jenis-jenis perpustakaan atas :
1.        Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang didirikan di ibukota negara dan merupakan perpustakaan induk dari semua jenis perpustakaan yang ada di negara tersebut. Perpustakaan Nasional Indonesia didirikan di Jakarta yang memiliki fungsi sebagai berikut:
a)            Sebagai pusat referensi nasional. Dalam fungsi ini perpustakaan nasional harus mampu menjawab pertanyaan apa saja, oleh siapa saja yang ada hubungannya dengan Indonesia.
b)            Sebagai perpustakaan deposit. Dalam hal ini perpustakaan nasional mempunyai tugas dan bertanggung jawab untuk melestarikan seluruh penerbitan yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri yang mengenai Indonesia. Untuk menjamin terkumpulnya semua penerbitan yang ada di Indonesia, maka perlu adanya Undang-undang Karya Cetak (Deposit Act) yang mewajibkan semua penerbit untuk mengirimkan terbitan terbarunya kepada Perpustakaan Nasional sebanyak dua eksemplar. Tetapi Undang-undang hak cipta di Indonesia baru saja diakui yaitu pada bulan Agustus 1990. maka Perpustakaan Nasional Indonesia pun baru dapat melaksanakan fungsinya sebagai perpustakaan deposit. Hal ini juga harus mendapat dukungan dan kesadaran yang tinggi dari pihak penerbit bahan pustaka akan pentingnya arti deposit itu untuk melestarikan semua penerbitan di negara kita.
c)            Perpustakaan Nasional merupakan perpustakaan atau suatu badan yang menerbitkan Bibliografi Nasional yang merupakan suatu daftar buku-buku yang ada di Perpustakaan Nasional Indonesia dan pada perpustakaan lain di Indonesia terbitan Indonesia dan tentang Indonesia. Bibliografi Nasional Indonesia ini disebar luaskan juga keberbagai Instansi lain agar mereka juga mengetahui koleksi yang ada di Pepustakaan Nasional. Perpustakaan Nasional pada beberapa waktu yang lalu berada di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi sekarang telah diakui sebagai lembaga Pemerintahan Non Departemen dan bertanggung jawab langsung kepada pemerintah.
2.        Perpustakaan Umum (Public Library)
Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat umum. Perpustakaan umum diselenggarakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa memandang latar belakang pendidikan, agama, adat istiadat, umur, jenis dan lain sebagainya, maka koleksi perpustakaan umum pun terdiri dari beraneka ragam bidang dan pokok masalah sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakainya.
Fungsi Perpustakaan Umum:
a)                                Fungsi Informasi, yaitu perpustakaan menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan cetak, terekam, maupun koleksi lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekolah.
b)                                Fungsi Pendidikan. Perpustakaan sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menerapkan tujuan pendidikan.
c)                                Fungsi Kebudayaan. Perpustakaan sebagai sarana peningkatan mutu kehidupan dan menumbuhkan budaya membaca.
d)                               Fungsi Rekreasi. Perpustakaan sebagai sarana untuk pemanfaatan waktu lenggang dengan bacaan yang bersifat rekreatif dan hiburan yang positif.
e)                                Fungsi Penelitian. Perpustakaan memiliki koleksi-koleksi untuk menunjang kegiatan pelnelitian.
f)                                 Fungsi Deposit. Perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan karya-karya, baik cetak maupun noncetak, yang diterbitkan di wilayah Indonesia.
3.        Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)
Perpustakaan perguruan tinggi yaitu perpustakaan yang diselenggarakan untuk mengumpulkan, memelihara, menyimpan, mengatur, mengawetkan dan mendaya gunakan bahan pustakanya untuk menunjang pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi:
·               Jantung dari semua program pendidikan Universitas yaitu perpustakaan harus mampu membantu dan menjadi pusat kegiatan akademis lembaga pendidikannya.
·               Pusat alat-alat peraga mengajarkan atau instructional material center
·               Sebagai pelaksana pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.
4.        Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Sekolah yaitu perpustakaan yang mengumpulkan, menyimpan, memelihara, mengatur dan mengawetkan bahan pustkanya untuk menunjang usaha pendidikan dan pengajaran di sekolah. Masyarakat pemakainya ialah para siswa, tenaga pengajar dan staf sekolah lainnya.
Fungsi perpustakaan sekolah ialah:
a)      Menunjang kegiatan belajar dan mengajar
b)      Merupakan sarana pengembangan bakat dan keterampilan
c)      Pusat media sekolah
d)     Sarana penelitian sederhana
e)      Sarana rekreasi

5.        Perpustakaan Khusus (Spesial Library)
Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh kantor atau instansi yang tujuannya adalah untuk untuk menunjang kegiatan kantor atau instansi dimana perpustakaan itu berada.
Fungsi perpustakaan khusus ialah:
a)           Untuk keperluan perencanaan, penagambilan keputusan dan pemecahan persoalan
b)            Untuk kebutuhan riset dan pengembangan para staf yang terlibat dalam berbagai tugas penelitian dan pengembangan
c)             Untuk kepentingan pendidikan dan latihan yang diselenggarakan oleh kantor dan instansi tersebut
d)            Sebagai tempat pemeliharaan dan perawatan dokumen dari kantor atau instansi yang bersangkutan.
6.        Perpustakaan Wilayah
Perpustakaan wilayah yaitu perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan berkedudukan di setiap ibu kota Propinsi, bertugas mengumpulkan serta melestarikan semua penerbitan daerah yang bersangkutan.
Fungsi Perpustakaan Wilayah adalah sebagai berikut:
a)            Sebagai perpustakaan referensi di wilayahnya
b)            Merupakan perpustakaan deposit yang bertugas mengumpulkan semua penerbitan di daerahnya
c)            Merupakan suatu badan yang bertugas membuat bibliografi
d)           Merupakan pusat kerjasama antar perpustakaan daerah
e)            Mempunyai wewenang untuk membina perpustakaan-perpustakaan yang ada di daerahnya.
7.      Perpustakaan Keliling.
Perpustakaan keliling pada prinsipnya merupakan perluasan dari pelayanan perpustakaan umum. Perpustakaan keliling adalah merupakan jenis perpustakaan yang dalam memberikan pelayanan bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan tujuan mengunjungi pemakai.
Fungsi perpustakaan keliling adalah:
a)      Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di daerah, khususnya di daerah pedesaan dan daerah terpencil.
b)      Pemerataan pengembangan pendidikan
c)      Sebagai media penerangan bagi masyarakat
d)     Memasyatakatkan perpustakaan dadn minat baca di kalangan masyarakat

C.            Perpustakaan sebagai Media Pembelajaran
Misi perpustakaan secara umum adalah memberikan layanan yang maksimal untuk memenuhi kebutuhan pemakainya melalui layanan bahan pustaka yang ada diperpustakaan. Kelengakapan sarana dan bahan-bahan di perpustakaan memiliki makna yang tersendiri bagi terciptanya kualitas sumber daya manusia, baik yang dilakukan oleh lembaga pendidikan formal maupun non formal. Karena dengan kelengkapan bahan-bahan dan sarana yang dibutuhkan oleh peserta didik atau konsumen yang membutuhkannya, akan dapat membantu memberi kemudahan dalam belajar. Hal ini penting difahami, karena perpustakaan selama ini masih dirasakan manfaatnya akan kehadirannya baik di tengah-tengah masyarakat atau di lembaga pendidikan. Di mana perpustakaan dijadikan sebagai sarana belajar dan menjadi sumber belajar oleh siapapun yang membutuhkannya.
Kelengkapan fasilitas dan sarana pada lembaga perpustakaan akan memberikan kenyamanan dan kemenarikan bagi para penggunanya untuk selalu datang memanfaatkan perpustakaan. Dengan seringnya para pengguna untuk mendatangi gedung perpustakaan, dengan sendirinya budaya minat baca akan tumbuh dan sikap positif terhadap perpustakaan akan selalu hadir dalam benak siswa atau para pengguna perpustakaan. Hal ini yang penting dikembangkan dalam rangka meningkatkan fungsi pelayanan perpustakaan agar dapat memberikan kepuasan bagi pelanggannya.

Dalam rangka memanfaatkan perpusatakaan sebagai media belajar, maka diperlukan keterampilan-keterampilan seperti berikut:
1.                Keterampilan Mengumpulkan Informasi, di antaranya:
a)      Mengenal sumber informasi dan pengetahuan
b)      Menentukan sumber  informasi berdasarkan sistem klasifikai perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indek
c)      Menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperti ensiklopedi, kamus, buku dan lain sebagainya
2.                Keterampilan Mengambil Intisari dan Mengorganisasikan Informasi, seperti:
a)      Keterampilan menganalisis, menginterpretasikan  dan mengevaluasi informasi:
b)      Memahami bahan yang dibaca
c)      Membedakan fakta dan opini
d)     Menginterpretasikan informasi baik yang mendukung atau yang berlawanan
3.                Keterampilan menggunakan informasi, di antaranya:
a)      memanfatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah
b)      memanfaatkan informasi dalam diskusi
c)      menjadikan informasi dalam bentuk tulisan

C.    Kelebihan dan Kekurangan Perpustakaan Digital dengan Tradisional
Secara umum perpustakaan dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu perpustakaan digital dan tradisional. Perbedaan dari masing-masing perpustakaan tersebut dapat kita lihat dari sisi kelebihan dan kekurangannya keduanya.
a.      Kelebihan dan kekurangan Perpustakaan Digital
a.       Kelebihan Perpustakaan Digital
Kelebihan perpestakaan digital sebagai berikut:
·         Tidak dibatasi ruang: setiap pengguna dapat mengakses perpustakaan digital tanpa harus datang ke perpustakaan, selama pengguna mempunyai koneksi dengan internet;
·         Tidak dibatasi waktu: akses ke perpustakaan digital dapat dilakukan 24 jam dalam sehari, dapat diakses kapan saja, tanpa batas waktu, selama pengguna terhubung dengan internet;
·         Penggunaan informasi lebih efisien: informasi yang ada dapat diakses oleh pengguna secara bersamaan dalam waktu yang sama dengan jumlah orang yang banyak;
·         Pendekatan bersturktur: pengguna dapat mencari informasi secara bersturktur, misalnya dimulai dari menelusur katalog on line , kemudian masuk ke full text, selanjutnya bisa mencari per bab bahkan per kata;
·         Lebih akurat: pengguna dapat menggunakan kata kunci dalam pencariannya. Kata kunci yang tepat, akan membantu pengguna mendapatkan informasi yang akurat dan sesuai dengan kata kunci yang dicantumkannya;
·         Keaslian dokumen tetap terjamin: Selama proses digitalisasi menggunakan bentuk image/format PDF, keaslian dokumen akan tetap terjamin;
·         Jaringan perpustakaan yang lebih luas: kemudahan dalam melakukan kerjasama/link antar perpustakaan digital, dimana ada kesepakatan antar pengelola perpustakaan untuk melakukan resource sharing melalui jaringan internet;
·         Secara teori, biaya pengadaan dan pemeliharaan koleksi menjadi lebih murah
·         Sebenarnya jika dikaji lebih dalam masih banyak kelebihan-kelebihan perpustakaan digital, contohnya, pemesanan buku atau permintaan informasi dapat dilakukan di rumah, atau dimanapun, selama pengguna terhubung dengan internet, dengan demikian, pengguna dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya dalam pencarian informasi.
b.      Kekurangan Perpustakaan Digital
Disamping memiliki banyak kelebihan, perpustakaan digital juga memilki kekurangan diantaranya:
·                  Undang-Undang Hak cipta (Copy Right) : dalam hukum hak cipta masalah transfer dokumen lewat jaringan komputer belum didefinisikan dengan jelas, masalah ini masih jadi perdebatan dalam proses pengembangan perpustakaan digital;
·                  Pengguna masih banyak yang lebih menyukai membaca teks tercetak daripada teks elektronik;
·                  Proses digitasi dokumen, membutuhkan waktu yang cukup lama, dibutuhkan ketrampilan dan ketekunan dalam mengembangkan dan memelihara koleksi digital;
·                  Jika terjadi pemadaman listrik, perpustakaan digital yang tidak mempunyai jenset, tidak dapat beroperasi.
·                  Pengunjung perpustakaan menjadi berkurang. Jika semua pengguna mengakses perpustakaan digital dari rumah masing-masing ataupun dari warnet, karena dengan mengunjungi perpustakaan digital, pengguna tidak merasa perlu mengunjungi perpustakaan secara fisik, tapi dapat mengunjungi perpustakaan dengan cara on line.
a)       Kelebihan dan Kekurangan Perpustakaan Tradisional
Kelebihan perpustakaan tradisional
·         Lebih dikenal oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat
·         Lebih disukai oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat
Kekurangan perpustakaan tradisional
·         Dibatasi ruang
·         Dibatasi waktu
·         pengguna memakan waktu, tenaga dan biaya dalam pencarian informasi.

D.            Manfaat Perpustakaan bagi Peserta Didik
·         Menimbulkan kecintaan peserta didik terhadap kegiatan membaca dan memperdalam pengetahuan, baik yang telah di pelajari maupun yang belum dipelajari
·         Menanamkan kebiasaan belajar mandiri oleh peserta didik tanpa bimbingan guru secara langsung
·         Mempercepat penguasaan teknik membaca
·         Melatih peserta belajar pada arah tanggung jawab ilmiaah dan teknologi
·         Melatih perkembangan kemampuan bahasapeserta didik
·         Membantu peserta didik dalam kelancaran tugas-tugas belajarnya
·         Membantu guru dalam menemukan  sumber-sumber pengajaran
·         Membantu seluruh elemen pendidikan dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan

BAB III
PENUTUP
Simpulan
·         Perpustakaan adalah suatu organisasi yang bertugas mengumpulkan informasi, mengolah, menyajikan dan melayani kebutuhan informasi bagi pemakai perpustakaan.
·         Jenis - Jenis Perpustakaan
1)                     Perpustakaan Nasional
2)                     Perpustakaan Umum (Public Library)
3)                     Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)
4)                     Perpustakaan Sekolah
5)                     Perpustakaan Khusus (Spesial Library)
6)                     Perpustakaan Wilayah
7)                     Perpustakaan Keliling.
·         Perpustakaan sebagai Media Pembelajaran
·         Misi perpustakaan secara umum adalah memberikan layanan yang maksimal untuk memenuhi kebutuhan pemakainya melalui layanan bahan pustaka yang ada diperpustakaan.
Kelebihan dan Kekurangan Perpustakaan Digital dengan Tradisional
E.             Kelebihan dan kekurangan Perpustakaan Digital
·         Kelebihan Perpustakaan Digital yaitu, tidak dibatasi ruang, tidak dibatasi waktu, penggunaan informasi lebih efisien, pendekatan bersturktur, lebih akurat, keaslian dokumen tetap terjamin, jaringan perpustakaan yang lebih luas dan biaya pengadaan dan pemeliharaan koleksi menjadi lebih murah
·         Kekurangan Perpustakaan Digital yaitu, Undang-Undang Hak cipta (Copy Right), pengguna masih banyak yang lebih menyukai membaca teks tercetak daripada teks elektronik, proses digitasi dokumen membutuhkan waktu yang cukup lama, jika terjadi pemadaman listrik perpustakaan digital yang tidak mempunyai jenset tidak dapat beroperasi dan pengunjung perpustakaan menjadi berkurang.
Kelebihan dan Kekurangan Perpustakaan Tradisional
·         Kelebihan perpustakaan tradisional yaitu, Lebih dikenal dan disukai oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat
·         Kekurangan perpustakaan tradisional yaitu,  Dibatasi oleh ruang, waktu serta pengguna memakan tenaga dan biaya dalam pencarian informasi yang cukup besar.


DAFTAR PUSTAKA

Al Hamid, Zaid Husein. 1982. Kamus Al-Muyassar Arab-Indonesia. Pekalongan.
Departemen Pendidikan dan Kebuadayaan. 1988. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Larasati Milburga, dkk. 1991. Membina Perpustakaan sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Soetminah. 1992.  Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.
Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zuhdi, Nadjib. 1993.  Kamus Lengkap Praktis 20 Juta Inggris Indonesia. Surabaya: Fajar Mulya.


1 komentar:

  1. 828casino - Mapyro
    828Casino. Mapyro 메이피로출장마사지 of Casino. Mapyro of Casino. Mapyro of Casinos in the 시흥 출장안마 area. Mapyro of 포천 출장마사지 Casino. Mapyro of Casino. Mapyro 사천 출장마사지 of Casino. 하남 출장안마 Mapyro of Casino.

    BalasHapus